Isotretinoin Fungsi, Dosis, Cara Pemakaian dan Efek Samping

Isotretinoin adalah obat yang digunakan untuk mengobati jerawat yang parah/berat, merupakan turunan dari Vitamin A yang berefek mengecilkan kelenjar minyak sehingga produksi minyak berkurang. Isotretinoin diberikan pada pasien dengan jerawat yang tidak sembuh dengan pengobatan biasa.

Isotretinoin kapsul 10mg

Penyebab Jerawat dan Fungsi Isotretinoin

Penyebab jerawat adalah produksi minyak yg berlebihan, terjadi sumbatan2 di saluran kelenjar minyak yang mengakibatkan terbentuknya komedo. Di dalam saluran kelenjar minyak yang tersumbat itu kuman Propionibacterium acnes akan berkembang biak dan menginfeksi komedo, sehingga di kulit tampak lesi jerawat yg kemerahan Jadi Fungsi Isotretinoin ini akan mengurangi produksi minyak sehingga salah satu penyebab timbulnya jerawat dapat dikurangi.

Pori pori besar diperlukan untuk menyalurkan minyak keluar. Karena Isotretinoin berefek mengecilkan kelenjar minyak maka produksi akan berkurang dan pori pori dengan sendirinya akan mengecil.

Dosis dan Cara Pemakaian

Dosis Isotretinoin berbeda untuk setiap orang. Selama pemberian dokter dapat menyesuaikan dosis sesuai gambaran klinis dan keluhan . Harus dipastikan dosis yang diberikan oleh dokter ditaati. Bila dosis hari itu terlewatkan, untuk hari berikut tidak diperlukan dosis pengganti. Biasanya diperlukan waktu 15-20 minggu untuk sembuh, tergantung beratnya.

Efek Samping

Pada awal pengobatan jerawat bisa menjadi lebih parah dan ini hanya berlangsung dalam waktu singkat. Bila hal ini terjadi maka dokter akan memberikan obat tambahan.